Galeri

Kisah 2 Orang Bersaudara

Di sebuah desa terpencil, hiduplah 2 orang bersaudara dan menggarap tanah pertanian warisan Ayah dan Ibu nya yang telah lama wafat.  Si kakak telah menikah dan memiliki keluarga besar,  sedangkan Si adik masih lajang. Setiap kali musim panen tiba mereka selalu membagi hasil sama rata.

Pada suatu hari Si adik berpikir, tidak adil jika kami membagi rata semua hasil yang kami peroleh, maka demi Si kakak,  setiap malam dia mengambil sekarung padi miliknya dengan diam-diam diletakkannya karung padi itu dilumbung milik kakaknya, dia berharap hal itu cukup mengurangi beban kakak dan keluarganya.  Sementara itu, Si kakak pun tidak kalah gelisahnya, ia berpikir tidak adil jika kami membagi rata semua hasil panen yang kami peroleh, aku punya istri dan anak-anak yang akan mampu merawatku kelak bila tua,  sedangkan adikku tidak punya siapa-siapa.  Siapa yg peduli kala dia tua dan miskin?

Karena itu sang kakak pun setiap malam secara diam-diam mengambil sekarung padi miliknya dan memasukkannya kelumbung padi milik adiknya. Dia berharap hal itu cukup buat adiknya menabung dan mengurangi bebannya kelak.

Begitulah,  selama bertahun-tahun ke 2 saudara itu saling menyimpan rahasia, sementara padi dilumbung keduanya tak pernah berubah jumlahnya. Sampai suatu malam keduanya bertemu ketika masing-masing berusaha memindahkan karung padi miliknya kelumbung padi saudaranya. Disaat itu mereka sadar dan saling menangis dan berangkulan.

DALAM DIAM ADA CINTA YG SANGAT DALAM yg selama ini menjaga persaudaraan mereka, ada harta yg justru menjadi lem perekat, bukan malah menjadi perusak. Demikianlah persaudaraan mereka yang patut jadi contoh.

Orang yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman, namun yang lebih lemah dari itu orang yg mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya (Ali bin Abu Thalib).

 

source: quran dan hadist

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s